Dinkop DIY Memasukkan beberapa Koperasi ke Klinik Koperasi

HIPPIJOGJA.COM (Yogyakarta) – Sebanyak 40 Koperasi se-DIY yang bergerak di berbagai bidang telah masuk ke Klinik Koperasi. Sepintas ada kata unik Klinik yang arti sebenarnya adalah untuk menstandarkan Legalitas, operasional koperasi dan persiapan tantangan di era digitalisasi. Acara tersebut dilaksanakan selama 2 hari yaitu Kamis-Jumat tanggal 23-24 September 2021 di Hotel Royal Darmo Yogyakarta.

Acara dibuka oleh Alexius Widhi Pambudi, S.E., M.Sc Kasi Pengawasan Dinkop DIY. Alex sapaan akrap kepada team hippijogja.com mengatakan, acara Klinik Koperasi ini bertujuan memberikan pendampingan langsung kepada Koperasi-koperasi yang baru berdiri atau sudah berdiri beberapa tahun agar mencapai standart legalitas sesuai perundang-undangan Koperasi yang mampu tumbuh dan mandiri utk tantangan ke depan.
Maka dalam pelatihan tersebut dihadirkan para pakar Koperasi dan pakar bisnis dr Praktisi maupun Akademisi.

Diawali dengan Aris Eko Nugroho, S.P., M.Si selaku Kepala Paniradya Kaistimewaan DIY tentang pengetahuan Keistimewaan DIY untuk Para Pelaku Koperasi. Dilanjut Ahmad Ma’aruf, S.E., M.Si Akademisi UMY dan Staf Ahli Ekonomi, Koperasi memberikan paparan lugas tentang Tata Kelola Koperasi yang Transparan, Akuntabilitas dan Independen. Kemudian di hari yang sama Pakar Bisnis dari UGM Matahari Farransahat, S.E., MHEP memberikan paparan dan praktek langsung cara membuat metedo Bisnis Canvas yang mulai dr membidik segmen pasar, kebutuhan segmen, mempertahankan segmen pasar.

Di hari kedua dihadirkan Dr. Wing Wahyu Winarto, MAFIS, CA, Ak Akademisi dari STIE YKPN memberikan materi pelatihan tentang Digitalisasi Managemen Koperasi yang memaparkan bagaimana memanfaatkan internet untuk segala bentuk pelaporan koperasi buat kemudahan akses dari anggota atau calon anggota, telah diberikan beberapa contoh Aplikasi Koperasi yang bisa di unduh dr playstore maupun appstore.

Acara pelatihan ini sangat bermanfaat buat pengurus/pengelola koperasi karena perhatian Dinkop dan UKM DIY langsung didata satu persatu peserta jika masih ada kekurangan syarat administrasi, komentar Arya mewakili peserta Klinik Koperasi dari pengurus Koperasi Konsumen Pribumi Indonesia Raya “Kopindo Raya” DPD HIPPI DIY.


Acara pelatihan dan sekaligus sebagai bentuk pembinaan ini akan terus berlanjut sesuai kebutuhan Koperasi dan Dinkop selalu terbuka menerima kedatangan koperasi di Kantor langsung Jl Hos Cokroaminoto Yogyakarta, pungkas Alex kepada team Media saat penutupan.
(Foto/Liputan : AR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *