DPD HIPPI DIY Gelar Bincang Bisnis UMKM IV

HIPPIJOGJA.COM (Kulon Progo) – Bertempat di rumah Produsen Beras beralamatkan di Sogan, Wates, Kulon Progo pada Jumat (1/4/2022) jajaran Pengurus DPD HIPPI DIY dan DPC Kulonprogo mengadakan Bincang Bisnis UMKM. Acara Bincang Bisnis sebenarnya sudah rutin bulanan dan berhenti sejak Pandemi Covid 19 tahun 2020 lalu.
Penyajian konsep Tampilan Bincang Bisnis kali ini berbeda, yang sebelumnya diadakan di Gedung Hotel dengan kapasitas 100 peserta. Namun dalam tampilan kali ini dan selanjutnya akan diadakan langsung di tempat narasumber, dan tetap menjalankan prokes kata Dr Sarbini yang akrab dipanggil Mbah Ben, Ketua Umum DPD HIPPI DIY.

Dalam Bincang Bisnis UMKM kali ini DPD HIPPI DIY langsung berkunjung ke Produsen Beras dengan Pemiliknya langsung Margiyono, SS.
“Perjalanan bisnis saya geluti sejak awal sampai hingga saat ini mampu adalah menguasai kebutuhan beras utk ASN Kabupaten Kulonprogo dan Kebutuhan ASN Kantor Gubernur DIY.
Di samping itu juga mampu memenuhi kebutuhan persediaan beras untuk Bulog DIY, ” tutur Margiyono.

Dikisahkan bisnis beras sejak krismon 1998 dengan penggilingan padi keliling door to door ke rumah-rumah petani yang sedang panen. Perjalanan tersebut telah dilakoni meskipun saat itu berprofesi sebagai guru. Saat itu dengan gaji pas-pasan harus dijalaninya.
Berbekal keuletan, kejujuran dan transparansi dengan para petani akhirnya cukup dikenal beberapa masyarakat kelompok tani hingga akhirnya mendapatkan tantangan langsung dari Bupati Kulonprogo untuk mensukseskan program BELA BELI. Sukses tersebut berlanjut untuk memenuhi kebutuhan ASN, Bulog dan Beberapa distributor wilayah DIY.

Keberhasilan Pak Margi tersebut karena ada beberapa faktor yang mendukung, yaitu dengan menciptakan mesin-mesin berkapasitas besar 25 ton untuk pengeringan padi serta mesin yang canggih untuk membuat hasil penggilingan beras dalam keadaan bersih, putih dan nasi yang pulen dengan nama mesin Poles. Sehingga mampu memecahkan image untuk beras Kulonprpgo tidak kalah dengan beras Delanggu maupun Beras Cianjur. Bincang Bisnis UMKM ini sebagai moderator adalah Arya Sekjend DPD HIPPI DIY. (Liputan/Foto: AR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *