DPD HIPPI DIY: Reresik Bumi, Mengusir Pandemi melancarkan Rezeki.

HIPPIJOGJA.COM – (KULONPROGO). Jajaran Pengurus DPD HIPPI DIY dan anggotanya, Senin (31/8/20) melaksanakan wisata khusus melepas Anakan Penyu (Tukik) di konservasi penyu Pantai Trisik Kulonprogo D.I Yogyakarta. Dalam kesempatan ini Mbah Ben selaku Ketua Umum DPD HIPPI DIY memberikan pandangan, bahwa dengan melepaskan hasil konservasi tersebut diharapkan dapat melestarikan kehidupan anakan penyu yang sudah semakin langka.

Menurut Ketua Paguyuban Konservasi Penyu di Pantai Trisik Joko Samudro, untuk mendapatkan telur penyu yang siap ditetaskan harus menunggu sampai 15 tahun dan itupun hanya di bulan-bulan tertentu saja, yaitu Juni-September setiap tahunnya. Hal inilah yang membuat penyu semakin langka dan hanya ada di Pantai Trisik satu-satunya tempat yang berhasil mengembangkan kelangsungan hidup penyu-penyu pantai dapat berkembang biak.

“Mengembalikan anakan penyu yang di sebut Tukik ini, maka akan melestarikan habitatnya semula dan ekosistem yang normal akan tercipta kembali menjadi alam yang sehat dan nyaman,” ujar mbah Ben saat diwawancarai Hippijogja.com “D.I Yogyakarta sebagai pusat Pariwisata ini bisa dikembangkan menjadi wisata khusus, wisata edukasi dan manjadi rujukan utk penelitian bagi pelajar dan mahasiswa dari seluruh nusantara. Uniknya wisata khusus tersebut bagi warga sekitar pantai sudah dengan kesadaran diri untuk melestarikannya sejak tahun 2004 hingga sekarang,” jelas Mban Ben.

“Warga sangat konsisten tidak akan memperdagangkan anakan penyu ini yang dari hasil pengembang biakan, bahkan utk kebutuhan wisata khusus tersebut tidak ditarik biaya, dan pengunjung bebas jika berkenan untuk memberikan donatur, karena memang kenyataanya ada beban biaya dalam pemeliharaan anakan yang baru menetas utk pemenukan makanan Tukik tersebut, dan dalam setahun Paguyuban mampu menetaskan tukik hingga puluhan ribu,” ujar Joko Samudra.

Di acara ini, DPD HIPPI DIY telah melepaskan sekitar 1000 Tukik untuk kembali ke alamnya, dan Mbah Ben menawarkan kepada masyrakat luas agar kita mendukung konservasi penyu ini, kita sampaikan ke masyarakat luas agar tercipta kembali alam yang ramah, sehat dan aman. (AR)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *