SMAN 1 PATUK GANDENG HIPPI KOTA YOGYAKARTA DALAM KEMITRAAN KEGIATAN PELATIHAN DAN PEMBINAAN PROGRAM VOKASI

HIPPIJOGJA.COM (PATUK GUNUNGKIDUL) – Di Aula SMAN 1 Patuk, Jum’at (25/3/22) jajaran guru dan pegawai menjadi saksi Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara SMAN 1 Patuk dengan DPC HIPPI (Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia) Kota Yogyakarta dalam hal
kemitraan kegiatan pelatihan dann pembinaan program vokasi. Penandatanganan dilakukan Kepala Sekolah SMAN 1 Patuk, Suyatna, S.Pd, M.Pd dan Ketua DPC HIPPI Kota Yogyakarta, Agus Susanto, SE, MBA.

Kerjasama kelembagaan ini mencakup bidang Pelatihan dan Pembinaan Program Vokasi yang meliputi bidang Kunjungan industri, pelatihan pembuatan produk, Narasumber untuk memotivasi siswa, pelatihan/motivasi sebagai entrepreneur dan pelatihan digitalisasi marketing di media sosial. Kedepannya masih akan ditambahkan sesuai kesepakatan bersama yang bertujuan untuk kesuksesan siswa.

“MOU ini merupakan realisasi dari hasil rapat Tim Pengembang yang diharapkan dapat menunjang dan merealisasikan program vokasi di SMA Negeri 1 Patuk untuk jangka pendek, menengah dan jangka panjang,” ujar Drs. Trinuso Ardhito, MM., ketua forum ilmiah SMA Negeri 1 Patuk.

“Program pengembangan di SMAN 1 Patuk ini dikondisikan dan dikomunikasikan yang dimulai dari guru BK memeriksa dan membuat survei ke siswa-siswa, ternyata memang di SMA Negeri 1 Pathuk ini yang melanjutkan ke perguruan tinggi hanya sekitar 35%, yang lainnya pihak orang tuanya terkendala ekonominya, sehingga harus bekerja terlebih dahulu cari modal utik bekal kuliah dan ada yang langsung masuk ke dunia kerja. Berangkat dari situ kami SMA Negeri 1 Pathuk kemudian berdiskusi dan mempersiapkan rumpun vokasi khusus bagi siswa-siswi yang mau ke dunia kerja dahulu. Sehingga di kurikulum merdeka ini kita mengajak HIPPI Yogyakarta menjalin dan menjadi rekan untuk bekerjasama,” tutur Suyatna, S.Pd, M.Pd, kepala sekolah SMAN 1 Patuk.

Ketua HIPPI Kota Yogyakarta, Agus Susanto, SE, MBA punya keyakinan bahwa kerjasama dengan SMAN 1 Patuk ini akan memberikan spirit yang luar biasa bagi siswa-siswa untuk bisa meraih cita-cita yang diinginkan, dan jajaran Pengurus DPC HIPPI Kota Yogyakarta sangat mendukung kerjasama ini, bahkn siap berdiskusi untuk membuat acuan atau program pelatihan yang bisa menularkan virus entrepreneur kepada siswa-siswa agar menjadi pengusaha yang tanggung dan sukses. (Foto: YN/istimewa, Liputan : AGS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *