“WARUNG SOTO AYAM ‘ENAKKK’ DI KAMPUNG PAKEL REJO, ADA INOVASI OLAHAN MAKANAN SAAT PANDEMI”

“WARUNG SOTO AYAM ‘ENAKKK’ DI KAMPUNG PAKEL REJO, ADA INOVASI OLAHAN MAKANAN SAAT PANDEMI”

HIPPIJOGJA.COM (Yogyakarta) – Bisnis Kuliner saat ini memang tiada matinya, salah satunya adalah Bisnis Kuliner Soto Ayam. Menambah inovasi dengan berbagai macam sayuran dan lauk pauk akan dapat mendongkrak omset penjualan. Hal ini telah dilakukan penelitian oleh Reza Aditama Armanda Riyanto, mahasiswa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta di Warung Soto Ayam ‘Enakkk’ di kampung Pakel Rejo Sorosutan Umbulharjo Yogyakarta, Selasa (19/10/21). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis dampak pandemik virus Covid-19 terhadap UMKM. Dosen pengampu penelitian ini Putri Dwi Cahyani, SE, MEI.

Penurunan omset pelaku UMKM akibat virus Covid-19 ini sangat signifikan sejak kemunculannya di awal 2020 yang lalu. Usaha Warung Soto ini merupakan salah satu usaha rumahan yang terdampak oleh pandemi. Penelitian ini memunculkan adanya dampak yang ditimbulkan, meliputi 5 aspek, yaitu : aspek penjualan, aspek laba usaha, aspek permodalan, aspek jumlah karyawan dan
aspek kemampuan pembayaran angsuran di Bank.

“Awal usaha Warung Soto Ayam “Enakkk” ini saya dirintis 2019, sejak itu usaha semakin berkembang sampai sekarang. Setelah hampir dua tahun usaha ini berkembang, tetapi diawal 2020 terjadi pandemik covid-19 yang mematikan menurunkan omset dan sangat berdampak juga pada sektor industri pariwisata, ekonomi, dan sebagainya. Sejak adanya penerapan sistem lockdown, usaha warung soto ini sempat berhenti. Dikarenakan usaha Warung Soto Ayam “Enakkk” ini membuka usahanya didalam kampung, sedangkan konsumen yang dari luar juga banyak. Semenjak berhenti hampir 2 bulan, usaha Warung Soto “Enakkk” ini pun memiliki inovasi dan ide penjualan melalui online, dimana agar usaha ini tetap bertahan dan berkembang. Dibantu dengan saudara, saya bangkit dan merintis kembali usahanya dengan inovasi baru, seperti menu sayuran sop dan berbagai lauk pauk,” jelas Ibu Yani.

Dengan penjualan sistem online ini usaha kembali aktif berkembang, tidak hanya sistem online, sistem delivery orderpun diterapkan, pesanan pelanggan diantar ke rumah konsumen, dan berjalan sampai sekarang. (Foto : Istimewa/Liputan : AGS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *